Ketua DPW SPI Potong Tumpeng pada HUT SPI ke-22 Tanjabtim

Tanjabtim. Transsumatera.id.
Dalam rangka peringatan hari serikat petani indonesia (SPI) sekaligus kegiatan loncing prodak koperasi petani indonesia merupakan tulang punggung prekonomian masarakat bertempat di sekretariat rt 01 rw 01 kelurahan teluk dawan kecamatan sabak barat kabupaten Tanjung jabung timur (Tanjabtim) provinsi jambi.

Kegiatan pemotongan tumpeng dan Launching mendapat dukungan dari lurah teluk dawan melalui seklurnya dan sekaligus ucapan selamat .” koperasi petani indonesia bertemakan.” wujudkan kedaulatan pangan dan kemendirian ekonomi berbasis koperasi.pada rabu 15 juli 2020. Bertempat disekretariat dewan pengurus cabang SPI Tanjabtim

Kegiatan HUT dan loncing koperasi yang dihadiri oleh ketua DPW SPI provinsi jambi Sarwadi Sukiman, ketua DPC SPI kab. Muara jambi, ketua DPC SPI Tanjabtim Ahya Ahadita, ketua KPI tanjabtim Agung Riyanto beserta anggota, ketua basis seluruh wilayah tanjabtim serta anggota SPI dan ketua KPI simpang datuk kemudian sekretaris lurah Teluk Dawan.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan ketua SPI cabang Tanjabtim Ahadita dalam sambutannya mengatakan bahwa ini adalah suatu kebanggaan bagi kita semua dalam menyukseskan kegiatan HUT SPI yang ke 22 di kelurahan Teluk Dawan kecamatan muara sabak barat dan ini adalah merupakan kegiatan yang pertama kali ditanjabtim, namun sangat luar biasa. Ujarnya.

Selanjutnya ujar Ahya ahadita ketika kita berkata,” petani pada 22 tahun yang lalu diasumsikan sebagai orang yang kecil, kumal, bermain lumpur serta masuk hutan keluar hutan itu yang yang ada dibenak pemikiran kita waktu itu. Akan tetapi kita seorang petani adalah pejuang pangan, karena tanpa petani tentu tidak dapat kita bayangkan apa yang harus kita lakukan. Karena petani merupakan pondasi dalam kehidupan ini.

Kalaulah kita merajut ke 22 tahun yang lalu ujar Ahadita, kita bangkit untuk memperjuangkan semangat petani melalui serikat petani indonesia melalui sumbangan pemikiran dan pendapat yang selalu jatuh bangun berjuang bersama masyarakat demi memikirkan nasip petani kita ditanjabtim.

Selanjutnya melalui kegiatan kita hari ini HUT SPI sekaligus launcing koperasi petani indonesia menunjukkan dengan adanya koperasi merupakan suatau lembaga ekonomi insaallah dapat mengangkat derajat dan martabat kita sebagai petani.

Kemudian kita harus memperkuat kemampuan kita dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan kemendirian ekonomi berbasis koperasi untuk memdorong prekonimian dalam memperjuangkan hak hak petani dan orang pedesaan sesuai dengan yang dideklarasikan di PBB tahun 2018 tentang hak hak asasi petani dan orang yang bekerja dipedesaan .tuturnya

Oleh karena itu mari kita satukan visi dan misi untuk membangun kedaulatan pangan agar kita mempunyai petani yang tangguh, petani yang berdaulat serta petani yang sehat. Sehat secara ekonomi, sehat secara pangan dan sehat seutuhnya. Kemudian mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar dan baik.imbuhnya.

Menurut ketua KPI Tanjabtim Agung Riyanto, kegiatan kami hari ini adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa hari ini sudah terbentuk kepengurusan KPI dikab.Tanjabtim dalam kesempatan ini ujar agung saya akan menyampaikan beberapa hal karena koperasi adalah lembaga ekonomi yang orientasinya sama dengan kegiatan usaha lainnya. Bedanya dengan koperasi lembaga ini dimiliki banyak orang (anggota anggota koperasi), sejak diresmikan saat ini sudah ada 17 orang yang mendaftar menjadi anggota KPI tanjabtim.

Untuk itu diharapkan setidak tidaknya seluruh anggota SPI menjadi anggota KPI. Karena koperasi adalah wadah ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dan apa yang kita miliki, seperti beras yang ada ini adalah dari koperasi kita yang ada didesa simpang datuk kec.Nipah Panjang.

Nantinya kita akan menyiapkan dan memgantarkannya keketua masing masing untuk dikelola secara proposional dan transparan agar kita mendapat tempat dihati masyarakat dan membangkitkan koperasi itu sendiri.

Jadi ada 2 kunci agar koperasi bisa besar pertama propisional dalam pengelolaan dan transparansi. Kemudian sesama anggota mau membesarkan koperasii ini. Untuk itu mari kita rumuskan kedepan agar bisa mengatasi berbagai tantangan untuk kemajuan bersama.

Acara ini ditutup dengan melakukan doa bersama dan pemotongan tumpeng serta penyerahan kartu anggota bagi yang sudah menyerahkan simpanan pokok, terkait bagi yang belum lengkap tidak bisa dibuatkan bukunya.(003.md).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: