Selalu Ditundanya Sidang Praperadilan, HartaKa & Co Layangkan Surat ke Ketua PN Jakarta Pusat

Jakarta —Transumatra id, Terkait permohonan Pra Peradilan yang diajukan oleh kantor hukum HartaKa & Co pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat ada dugaan kuat ketidakberesan dalam penanganan perkara pra peradilan yang diajukan pemohon.

Menurut salah satu kuasa hukum pemohon, Ardin Firanata SH.,MH, bahwa surat permohonan perlindungan hukum dan kepastian hukum yang dilayangkan kepada Ketua PN Jakarta Pusat dan ditembuskan kepada Ketua Mahkamah Agung RI, Ketua Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dan Ketua Komisi Yudisial RI pada hari Selasa Transumatra id,(06/04/2021) merupakan respon dari pihak pemohon terkait beberapa kali ditundanya sidang pra peradilan.

“Yang menjadi persoalan hari ini adalah terkait dengan hak hukum klien kami dalam ruang lingkup perkara pra peradilan yang sudah kami daftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tanggal 18 Maret 2021, dan bahwa pada tanggal 22 Maret 2021 Pemohon menerima relaas panggilan sidang pertama 25 Maret 2021. Karena di dalam permohonan pra peradilan yang kami ajukan ini ada pihak-pihak termohon dan turut termohon,” ujar Ardin Firanata.

Advokat Ardin Firanata dari HartaKa & Co Law Office yang ditemui wartawan Transumatra, Selasa (06/04/2021) kemarin saat di gedung Komisi Yudisial menguraikan kronologisnya dalam persoalan tersebut.

Disebutkan bahwa pihak termohon adalah Polsek Menteng, Jakarta Pusat dan pihak turut termohonnya adalah Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat yang dimana pada tanggal 19 Maret 2021 juru sita PN Jakarta Pusat telah mengirim relaas panggilan sidang kepada Turut Termohon. Namun pihak termohonnya mendapatkan relaas panggilan di tanggal 22 Maret 2021, sementara agenda sidang awal tanggal 25 Maret 2021.

“Secara kelaziman surat menyurat pemanggilan sidang maksimal dilayangkan atau diterima oleh pihak itu 3 hari sebelum hari sidang, hal ini kuasa hukum pemohon sangat menyayangkan pengiriman relaas panggilan sidang kepada pihak termohon pada tanggal 22 Maret 2021, sehingga menjadi pertimbangan Majelis Hakim Tunggal di hari Sidang tanggal 25 Maret 2021 merupakan sidang pertama dan keadaannya pihak termohon tidak menghadiri hanya dihadiri turut termohon, sehingga persidangan ditunda pada tanggal 5 April 2021,” beber Ardin.

“Hal ini kami sangat menyayangkan kepada pihak PN Jakarta Pusat yang memeriksa perkara a quo sebab kami daftarkan permohonan pra peradilan ini pada tanggal 18 Maret 2021, yang dimana pihak turut termohonnya dilayangkan surat relaas di tanggal 19 Maret 2021 dan kenapa pihak termohonnya yang menjadi substansi atau pihak inti dalam perkara ini tidak dilayangkan pada saat itu,” ujar Ardin penuh tanda tanya.

Bahwa pada tanggal 5 April 2021 yang seharusnya digelar sidang kedua, namun secara mendadak dan tiba-tiba, pemohon mendapat informasi dari Panitera Pengganti bahwa sidang ke-2 terpaksa ditunda pada hari Senin, 12 April 2021, dengan alasan Hakim Tunggal pemeriksa perkara mendadak izin karena anaknya sakit di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Hal ini sangat disayangkan oleh kuasa hukum pemohon, pihak PN Jakarta Pusat tidak menunjuk Hakim pengganti dalam penanganan perkara pra peradilan ini, sebab hal ini berdampak kepada hak hukum pemohon dalam mencari keadilan di PN Jakarta Pusat,” kata Ardin Firanata.

Sehingga Kuasa Hukum Pemohon merespon keadaan ini dengan melayangkan surat kepada Ketua PN Jakarta Pusat,

Dari surat yang dilayangkan kepada Ketua PN Jakarta Pusat, pemohon berkesimpulan diduga kuat bahwa pemeriksaan Permohonan Pra Peradilan sarat dengan konspirasi dan perbuatan curang yang ingin menggugurkan permohonan Pra Peradilan a quo tanpa melalui proses pemeriksaan dan pengujian di depan persidangan berdasarkan hukum acara dan atau Undang-Undang yang berlaku.

“Salah satu dampak akibat gugurnya permohonan Pra Peradilan adalah dengan dilimpahkannya berkas perkara dari Kepolisian kepada Kejaksaan, hal ini sangat memungkinkan dan memberi banyak waktu bagi pihak termohon. Agar supaya perkara pemohon yang disidik oleh termohon dapat s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: