TEMBILAHAN (TRANS SUMATERA) – Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal turut serta dalam kegiatan launching Kampung Tangguh Nusantara dalam rangka “Gerakan Jaga Kampung” bersama Polres Inhil dan unsur Forkopimcam di Perumnas parit 03 kelurahan Tembilahan Barat, kecamatan Tembilahan Hulu, Kamis (09/07/20).

Kegiatan launching tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Inhil Drs HM Wardan MP.

Turut hadir Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman SIK, Ketua DPRD Inhil Feriyandi, Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan Susilo, Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan Nurmala Sinurat, Kepala Pengadilan Agama H Khairunas, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Kabupaten Indragiri Hilir Fajar Husin, Waka Polres Inhil Kompol R. Firdaus, Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Rhino Handoyo, Camat Tembilahan Hulu Nazar, beserta Kelompok Tani Makmur Sejahtera dan masyarakat.

Sebelumnya, Tim melakukan pengecekan pos jaga kampung di check point pintu masuk Perumnas Nusa Indah Permai, peninjauan pos terpadu Jaga Kampung, penebaran benih ikan secara simbolis dan Launcing Kampung Tangguh Nusantara “Gerakan Jaga Kampung”.

Dandim 0314/Inhil yang pada saat memberikan sambutan mengatakan bahwa ketahanan pangan ini dapat diibaratkan sebagai pondasi dari sebuah bangunan yang disebut negara. Apabila kita ingin membangun sebuah rumah, maka kita terlebih dahulu bangun pondasinya, dan ketahanan pangan ini merupakan hal yang harus pertama diwujudkan.

“Seperti nama dan tujuannya, Jaga Kampung Tangguh Ketahanan Pangan. Untuk menciptakan suatu wilayah negara yang tangguh, maka kita harus tangguh di mulai dari bawah. Di mulai dari lingkup kecil seperti menciptakan Kampung Tangguh, jika semua Kampung Tangguh maka Kecamatan Tangguh akan terbentuk, terus sampai ketingkat Kabupaten, Provinsi, hingga Negara akan tercipta negara yang tangguh,” imbuh Dandim 0314/Inhil saat memberikan sambutan.

Dandim juga menuturkan, dengan upaya memberdayakan potensi masyarakat dalam rangka menjaga stabilitas ketahanan pangan serta mengantisipasi masalah sosial lainnya di tingkat desa dan kelurahan seperti ini sehingga dapat membantu masyarakat.

Sementara itu Bupati Inhil HM Wardan saat memberikan sambutan sekaligua meresmikan Kampung Tangguh Nusantara tersebut mengatakan, ini sebagai sebagai upaya menekan penyebaran virus corona atau Covid 19 dan membangun ketahanan pangan masyarakat sebab akibat virus itu banyak dampak negatif yang dialami sebagian besar masyarakat, termasuk melemahkan perekonomian.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Polda Riau dan Polres Inhil yang telah membuat program ini,” kata Bupati Inhil HM Wardan.

Selain di tempat tersebut, Bupati juga meresmikan Kampung Tangguh Nusantara di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas. Dia berharap Kampung Tangguh Nusantara ini bisa menjadi pelopor bagi masyarakat agar lebih berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kampung Tangguh di Kecamatan Tembilahan Hulu dan Kecamatan Kempas ini dapat menjadi contoh desa-desa lain sehingga semua desa di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir melakukan hal yang sama baik itu tangguh menjaga kesehatan, pencegahan COVID-19 dan harus tangguh perekonomian masyarakatnya,” harap Bupati Wardan.

Selain sebagai antisipasi penyebaran virus, Kampung Tangguh Nusantara, juga bertujuan mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban terhadap masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif. Oleh sebab itu, Pemkab Inhil akan mendukung penuh kampung tangguh nusantara tersebut.

Terbentuknya Kampung Tangguh Nusantara, lanjut Bupati juga sebagai bentuk sinergitas, kebersamaan di antara pemerintah daerah, Polri dan TNI dalam mewujudkan kegotongroyongan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Senada dengan itu, Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman Siahaan mengatakan Kampung Tangguh Nusantara ini nantinya bisa menjadi dasar peningkatan kesadaran masyarakat dalam pencegahan Covid-19.

Selain kegiatan Kampung Tangguh Nusantara tersebut, disambung dengan kegiatan di Kecamatan Kempas yakni penyerahan sembako, penyerahan itik, dan penaburan pupuk pada tanaman padi serta pelepasan bibit ikan nila di Sungai Irigasi

Prabu Suryadhana

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: