Kades Budi Lestari bagikan APD kepada Warga

TRANSSUMATERA-Untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, Dasman, kepala desa Budi lestari Kecamatan Tanjung bintangh Kabupaten Lampung selatan, membagikan APD kepada warga setempat, APD berupa 2000 masker, 200 sarung tangan, 400 liter cairan Disenfektan dan gentong untuk cuci tangan diserahkan secara simbolis di balai desa setempat pada Selasa (5-5).

Pada kegiatan itu juga dihadiri oleh Camat Tanjung bintang Hendry Hatta.S.Ag. Kapolsek dan Koramil Tanjung bintang, KUPT Puskesmas Tanjung Bintang, perangkat desa, pendamping desa serta Relawan Satgas Covid-19.

Kepala desa Budi Lestari, Dasman saat ditemui dilokasi kegiatan menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan seremonial penyerahan APD secara simbolis kepada warga, walaupun sebenarnya kegiatan itu ada yang sudah dilakukan seperti penyemprotan cairan Disenfektan dan pembagia Masker itu sudah dilaksanakan pada bulan sebelumnya dikarenakan pada saat itu dalam kondisi sangat diperlukan.

“Kalau setiap kegiatan harus menunggu acara seremonial terlebih dahulu baru kegiatan bisa dilaksanakan, kemungkinan pencegahan dan penanganan Covid-19 didesa Budi.lestari bisa terhambat, oleh karenanya penyerahann APD secara simbolis, hari ini ada sebagian APD yang sudah digunaka sebelum,”Jelas Dasman.

Untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di desa Budi Lestari, kata Dasman, seperti penyemprotan Disenfektan sudah dilakasanakan secara dor to dor, relawan Satgas berjuang keras melawan Covid-19 dengan cara melakukan pengontrolan dan pendataan bagi pendatang dari luar daerah yang sebelumnya ada 90 orang pendatang dari luar daerah namun masih dalam ODP (Orang Dalam Pengawasan) hingga hari ini tinggal 14 orang lagi yang masih dalam pengawasan Relawan dan Tim Medis.

“Berbagai kegiatan sudah dilakukan oleh Satgas relawan desa seperti penyemprotan Disenfektan secara rutin selama 14 hari ke fasilitas umum dan lingkungan rumah warga, diadakan piket siang dan malam si balai desa untuk menjaga dan memantau pendatang dari luar daerah yang masuk ke desa Budi Lestari,” katanya.

Dasman juga menambahkan, penyerahan APD hari ini yang sangat berbeda dengan desa-desa lain adalah penyerahan kendi (tempat air) yang akan diperuntukan pada 1230 rumah warga agar setiap hari mencuci tangan sebelum memasuki rumah.

“Desa Budi Lestari untuk penanganan Covid-19 di anggarkan pada DD (Dana desa) sebesar 30%, untuk BLT dianggarkan sebanyak 135 orang, data yang dimasukkan ke Dinsos sebanyak 420 orang, “imbuhnya.

Ditempat yang sama, Camat Tanjung Bintang Hendry Hatta.S.Ag, menghimbau agar Kades dan Satgas relawan berhati hati dalam dan lebih selektif lagi mengawasi pendatang dari luar desa untuk didata dan hasilnya segera dilapokan kepada kades dan Tim medis.

“Karena terkadang yang mendata tidak jujur terkadang masyarakatnya yang tidak jujur, “kata dia. Hendry menjelaskan.” Dirinya sangat berterima kasih kepada Kades Budi Lestari yang sudah mengambil langkah-langkah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.”kalau lagibicara anggaran, kemungkinan anggran itu belum ada, inilah salah satu langkah seorang pimpinan untuk mengambil keputusan. (Firdaus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: