Pemdes Karang Jaya Sigap Putus Rantai Penyebaran Covid-19

TRANSSUMATERA-Demi untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona yang lebih pandemi dengan sebutan Covid-19, Pemdes Karang jaya Kecamatan Merbau Kabupaten Lampung selatan, yang dikomandoi oleh Kepala Desa Rudi Hartono telah membentuk Satgas relawan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di desa setempat.

Dibentuknya Satgas relawan dengan tujuan agar kegiatan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 didesa setempat benar-benar terkoordinir dan terarah sehingga bisa bergerak cepat serta tepat pada sasaran.

Hal ini dikatakan oleh Kepala desa Karang jaya Rudi Hartono saat ditemui di Posko relawan penanganan Covid-19, Kamis (30-4).

Menurut Rudi, panggilan akrab kades Karang jaya ini, untuk desa Karang jaya sejak awal bulan Afril 2020 telah melaksanakan pemyemprotan cairan disenfektan di seluruh fasilitas umum dan rumah warga yang tersebar di 6 dusun dan 10 RT, serta menyediakan cairan handsanitizer ditempat-tempat fasilitas umum seperti Balai desa, Posko Satgas dan tempat ibadah.

“Untuk penyemprotan disenfektan dibuat 2 kelompok yaitu untuk penyemprotan pada fasilitas umum dilaksanakan oleh perangkat desa bersama satgas relawan dan untuk penyemprotan pada rumah warga itu dilaksanakan oleh masing-masing RT bersama warga yang dikordinir oleh Kadus dan itu dilaksanakan 2 kali dalam 1 minggu,” bebernya.

Selain itu, kata Rudi, sebagai kepala desa dan juga ketua gugus tugas Covid-19 didesa setempat, dirinya selalu turun kelapangan ikut serta melaksanakan penyemprotan dan sosialisasi ke warga yang bekerjasama denga satgas relawan.

“Kesadaran warga warga sangat tinggi dan sangat antusias mendukung gerakan pencegahan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, hingga kini disetiap rumah, mereka(warga) telah menyediakan tempat air dan sabun untuk membersihkan tangan sebelum masuk kerumah,” kata dia.

Rudi menambahkan, untuk tindakan pencegahan dan penanganan Covid-19 didesanya, Rudi telah membagikan masker kepada warga sebanyak 2000 secara dor to dor yang langsung diikuti oleh dirinya selaku ketua Gugus tugas Covid-19,

Dirinya pun telah menyiapkan kipas blower yang telah diisi dengan cairan disenfektan dan alat untuk pengukur suhu badan.

“Alat-alat itu kita siapkan terutama di posko dan tempat pasilitas umum terutama kantor desa, untuk persiapan pemudik yang diperkirakan akan masuk kedesa Karang jaya, itu kita pantai dan kita data serta diarahkan agar melaksanakan isolasi mandiri, semoga segala cara yang kita tempuh untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di desa Karang jaya itu tidak sia-sia dan semoga virus yang menjadi pandemi di warga ini segara berahir,” imbunhya penuh harap. (Firdaus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: