TRANSSUMATERA (LS) – Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Lampung Selatan turun langsung melakukan monitoring dan evaluasi (monev) penyaluran Bantuan Pangan Nasional (Bapanas) Tahap II Tahun 2024, di Desa Tejang Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Selasa (8/10/2024).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Aula Balai Desa Tejang Pulang Sebesi, langsung dihadiri oleh Kepala Cabang Bulog Kalianda, Nurmulyati Syahroni, Kepada Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Lamsel, Eka Riantinawati, SKM, M.Kes dan Transporter dari PT. POS Indonesia yang diwakili oleh Deputi EGM Kantor Cabang Utama Bandarlampung, Eko Adi Kurnianto.

Kepala DKP Lamsel, Eka Riantinawati menyampaikan, bantuan pangan berupa beras ino merupakan program pemerintah pusat yang telah digulirkan sejak beberapa tahun lalu. Yang mana saat ini telah menginjak pada tahap II di Tahun 2024.

“Bantuan pangan ini dari pemerintah pusat dan sudah memasuki tahap kedua tahun 2024. Jadi murni dari pemerintah dan tidak ada kaitannya dengan tahun politik,” ungkap Eka dalam membuka kegiatan tersebut.

Dia menjelaskan, bantuan ini diberikan kepada masyarakat kurang mampu berdasarkan data dari P3KE. Sehingga, benar-benar menyasar kepada warga yang membutuhkan.

“Tentu saja dengan bantuan ini sangat membantu masyarakat yang masuk dalam P3KE atau kemiskinan ekstreem. Semoga dapat meringankan beban masyarakat terlebih disini merupakan warga di kepulauan,” jelasnya.

Pihaknya, juga berterimakasih kepada PT. POS Indonesia sebagai transporter yang turut membantu menyalurkan program Bapanas di wilayah Lamsel. “Semoga sinergitas ini selalu terwujud,” tukasnya.

Kepala Cabang Bulog Kalianda, Nurmulyati Syahroni menyatakan, monev ini dilakukan untuk memastikan agar bantuan benar-benar sampai kepada warga yang tepat sasaran. “Kita disini ingin memastikan saja. Karena memang tim satgas pangan ada dari Bulog sampai dengan pihak kepolisian yang ikut turun langsung,” tegasnya.

Camat Rajabasa Mirliansyah pada kesempatan tersebut menyebutkan bahwa, di Kecamatan Rajabasa terdapat 2.712 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memperoleh Bantuan Pangan Nasional berupa beras tersebut. “Sementara untuk di Desa Tejang Pulau Sebesi ada 280 KPM yang memperolehnya,” terang Mirli di lokasi kegiatan.

Sementara itu, Deputi EGM PT. POS Indonesia Kantor Cabang Utama Bandarlampung, Eko Adi Kurnianto mengatakan, ini pertama kalinya pihaknya turun langsung mengantar bantuan pangan gratis di Desa Tejang, Pulau Sebesi. Yakni, pada periode kedua tahun 2024, bulan Oktober.

“Kita pastikan gratis, tanpa biaya antar. Sebab biaya antar sudah kita berikan kepada pihak desa, besarannya 1.000 per-sak,” pungkas Eko Adi Kurnianto. (idh/BT)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: