BANDARLAMPUNG Transsumatera – Antusias pelaku UMKM Bandar Lampung yang mengajukan pinjaman tanpa bunga ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung terus mengalami peningkatan.

Namun, hingga bulan Mei 2024 ini hanya 8 UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Bandar Lampung yang telah disetujui mendapatkan pinjaman tanpa bunga tersebut.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bandar Lampung, Riana Apriana, Rabu (29/5/2024). “Iya, program kita yang pinjaman tanpa bunga ini memang banyak peminatnya,” kata dia.

Menurutnya, pinjaman diberikan sesuai kebutuhan, namun dibawah Rp50 juta.

“Tahun ini antusias pelaku UMKM yang mengajukan pinjaman tanpa bunga mengalami peningkatan. Tetapi ya itu tadi, kendala kita sejauh ini memang BI checking,” ujarnya.

Padahal, lanjut Riana, jika tak terkendala BI checking, tentu banyak sekali UMKM yang dapat menikmati program tersebut.

“Saya rasa kalau tak terkendala BI checking, pasti banyak sekali yang menerima manfaatnya,” ungkapnya.

Pasalnya hingga saat ini, terdapat 30 lebih pelaku UMKM yang mengajukan pinjaman tanpa bunga. Namun, hanya 8 UMKM yang disetujui dan memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman.

“Tak disetujuinya pinjaman bisa saja karena masih ada pinjaman di tempat lain, atau telat membayar di tempat lain itu bisa masuk daftar hitam dan menjadi catatan di bank, sehingga pinjaman UMKM tanpa bunga ini jadi tidak disetujui,” tutupnya. (dka)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: