Bandarlampung Transsumatera – Ketua Komisi V DPRD Lampung DR. Yanuar Irawan, SE.MM dan Sekretaris DPRD Lampung Hj Tina Malida menghadiri acara Lampung Craft 2024 pada Selasa (07/05/2024) di Graha Wangsa Bandar Lampung.

Lampung Craft 2024 berlangsung selama lima hari pada 7-11 Mei 2024. Kegiatan itu mengusung tema ”Pesona Keindahan Lampung Timur” atau ”The Aesthetic of East Lampung”. Setidaknya ada 42 gerai yang memamerkan berbagai produk tapis dan kerajinan tangan lainnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, pertumbuhan UMKM di Lampung terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data Sistem Informasi Data Tunggal Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Lampung sebanyak 492.986 unit usaha. Sebagian besar pelaku UMKM bergerak di bidang kuliner, tekstil, dan kerajinan lokal.

Jumlah UMKM di Lampung meningkat dibandingkan tahun 2023, yakni 326.505 unit. Pada tahun 2022, jumlah pelaku UMKM di Lampung yang terdata sebanyak 192.234 unit.

”Meningkatnya peran UMKM pada perekonomian daerah menunjukkan bahwa pengembangan UMKM adalah salah satu sektor yang penting untuk dipertahankan agar pertumbuhan ekonomi tetap tinggi. Oleh karena itu, UMKM perlu didorong untuk naik kelas dan semakin modern sehingga memberikan kontribusi yang lebih baik lagi bagi perekonomian daerah,” kata Arinal. (*)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: