LAMPUNG SELATAN (TRANS) – Bertempat di rumah adat marga legun kebandakhan kesugihan, Jum’at (14/1/2022.)
Pangeran 6 marga adat Lampung Selatan menyampaikan klarifikasi terkait adanya aksi demonstrasi yang mengatasnamakan masyarakat adat Lampung Selatan (Lamsel) di Gedung KPK RI Jakarta kemaren 13/1/2011.

Hadir pada acara tersebut Pangikhan Tihang Makhga (Azhar Marzuki) Sai batin Makhga legun Kebandakhan Kesugihan, Temenggung Nimbang Makhga (Sopiyan) Makhga legun Kebandakhan way ukhhang, Pangikhan Penyimbang Agung (David Merison) Saibatin Makhga Rajabasa, Pangikhan Naga Bingsang V (Ahmad Fajirin) Sai batin Makhga Dantaran, Pangikhan Sasuhunan Sampurna Jaya (Abas Syaputra) Sai batin Makhga Ketibung, serta Tuan Bandar Penyimbang (Rahmatullah) Makhga Bukkuk Jadi.
Juga turut hadir Panglima Sindang Kunyaiyan Batin Jaksa (Zamroni), Panglima Tapak Belang Kepaksian Pernong Skala Brak (Yahudin Haikar)

Para pemangku adat yang ada di wilayah Lamsel ini secara tegas menyatakan bahwa aksi demonstrasi di Gedung KPK RI Jakarta13/1/2022 kemarin, sama sekali tidak terkait dengan Marga Marga yang ada di Lampung Selatan bahkan mereka menilai, ini adalah pernyataan sikaf kelompok tertentu.

Kami 6 Marga adat tidak pernah merasa mengirimkan utusan dari masyarakat adat untuk ikut serta dalam aksi tersebut. Bahkan, juga tidak ada koordinasi apapun.
Tegas Pangikhan Tihang Makhga Sai Batin Marga Legun Kebandakhan Kesugihan, (Azhar Marzuki) mewakili seluruh pemangku adat.

Selaku pemangku adat, kami berada di tengah-tengah, untuk mengayomi masyarakat adat di Lamsel ini, Kami tidak pernah ada upaya untuk berpihak kepada siapapun dan kelompok manapun, imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pangikhan Sasuhunan Sampurna Jaya Sai Batin Makhga Katibung, (Abas Syaputra)

Menurut beliau, Kegiatan demonstrasi di gedung KPK RI kemare, itu murni diluar dari campur tangan adat. Kami tidak pernah diajak koordinasi, ataupun diskusi mengenai adanya aksi tersebut dengan mengatasnamakan masyarakat adat, tegasnya.

Pada dasarnya, Semua pemangku adat adalah pengayom masyarakat, dan kami selalu berupaya menciptakan stabilitas dan kondusifitas di Kabupaten Khagom Mufakat ini,
Juga kami selalu mendukung program pemerintah selagi itu benar, jikapun salah tentunya akan kami sampaikan dengan cara Arif.Tutupnya. (Zul)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: