Bandarlampung Transsumatera.id — Jika belum ada surat ketetapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai 17 Februari 2021, maka sebagai langkah mempertimbangkan kemungkinan adanya kekosongan pemerintahan sementara di Kota Bandarlampung, sudah dipastikan diisi PLH (Pelaksana Harian).

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kota Bandarlampung Wiyadi saat ditemui di Gedung Semergou, kantor pemkot setempat, Senin (15/2). “Kan tidak boleh ada kekosongan dalam pemerintahan. Kalau belum ada surat dari KPU sampai tanggal 17 Februari tentang penetapan, sudah bisa dipastikan PLH. PLH-nya adalah Sekretaris Daerah Kota Bandarlampung,” kata dia.

Wiyadi mengatakan, bahwa dasar DPRD melakukan sidang Paripurna adalah surat dari KPU. “KPU yang menetapkan. Sekarang ada keputusan dismissal dari MK (Mahkamah Konstitusi), kalau keluar salinannya, masuk ke KPU RI,” ujarnya.

Wiyadi menambahkan, perihal mengenai alur hingga ditetapkannya Walikota Bandarlampung yang baru, yaitu setelah salinan surat keputusan dismissal dari MK masuk ke KPU RI, nantinya KPU RI akan memberikan tembusannya ke KPU Kota Bandarlampung.

Setelah itu, KPU Kota Bandarlampung harus segera memplenokan penetapan pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Barulah KPU Kota Bandarlampung memberikan surat penetapan tersebut ke DPRD Kota.

“Hal itu nantinya yang akan menjadi dasar DPRD Kota Bandarlampung melakukan penetapan pada Paripurna Istimewa,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Bandarlampung Badri Tamam mengatakan, akan menjalani tugas sesuai ketentuan serta melanjutkan semua program yang sudah berjalan selama ini.

“Saya hanya akan melanjutkan kebijakan yang telah ada sebelumnya. Kemudian mempersiapkan pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih. Karena memang selama ini, pada posisi saya (Sekkot), tidak ada kebijakan-kebijakan yang diambil, hanya hal yang sifatnya administratif,” katanya.

Badri berharap, bisa menjalankan tugas dengan baik, dan para ODP di lingkungan Pemkot Bandarlampung bisa diajak bekerjasama dengan baik.

“Saya berharap kerjasama yang baik, karena Sekkot hanya beberapa hari saja melaksanakan tugas Plh, bangun kerjasama seperti yang sudah diarahkan wali kota,” pungkasnya. (dk)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: