TRANSSUMATERA.ID-Guna mewujudkan situasi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang aman, kondusif dan terkendali dalam pelaksanaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Polresta Bandar Lampung akan melaksanakan Operasi Lilin Krakatau 2020.

Sehingga dalam mendukung kegiatan tersebut, Polresta Bandar Lampung melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) lintas terkait yang digelar di Ruang Rapat Polresta Bandar Lampung, Jum’at (18/12/20).

Rakor ini dipimpin Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Yan Budi Jaya. S.IK., M.M. dengan didampingi Wakapolresta Bandar Lampung AKBP Ganda M.H.Saragih, S.IK. serta seluruh Pejabat Utama Polresta Bandar Lampung.
Hadir Juga dalam kegiatan Walikota Bandar Lampung Drs.Hi.Herman HN.MM, Dandim O410 / kbl Kol.Inf Romas Herlandes, beberapa Kepala Dinas Kota Bandar Lampung Yang terkait Operasi Lilin Krakatau 2020, Kepala PT.KAI Tanjung Karang, Kepala Terminal Rajabasa, Perwakilan Persatuan Gereja Indonesia,Senkom serta Saka Bhayangkara Kota Bandar Lampung.
Rakor diisi pemaparan oleh Kabag Ops Polresta Bandar Lampung Kompol A.R.Hakim Rambe, S.Kom terkait kesiapan Polresta Bandar Lampung dalam pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2020, kemudian dilanjutkan tanya jawab guna menentukan langkah-langkah terbaik dalam pengamanan.

Kapolresta Kombes Yan Budi Jaya, menyampaikan bahwa Operasi Lilin Krakatau akan digelar selama 15 hari, dimulai tanggal 21 Desember 2019 sampai dengan 4 Januari 2020.

“Rapat koordinasi dilaksanakan guna menyamakan persepsi dalam kegiatan Operasi Lilin Krakatau 2020,” kata Kapolresta.
Selain Itu Kapolresta Juga mengungkapkan, adapun sasaran operasi yakni pengamanan gereja untuk ibadah natal, pengamanan arus mudik dan arus balik yang berhubungan dengan libur panjang.

Lalu, pengamanan objek wisata saat masyarakat melaksanakan liburan, Selanjutnya pengamanan pergantian tahun di sejumlah titik lokasi perayaan oleh masyarakat.
“Melalui operasi ini, kita bersama-sama antara Pemerintah Kota serta TNI – Polri dan juga tokoh Agama dan Masyrakat diharapkan dapat menjaga Kamtibmas yang kondusif dan masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai Covid-19,” harapnya.
Menurut Kapolresta Bandar Lampung, guna mendukung Operasi Lilin Krakatau 2020 ini, Polresta Bandar Lampung juga akan menyiapkan 5 Pos yaitu 1 Posko, 1 Pos Pelayan di Terminal Rajabasa, dan 3 Pos Pengamanan di Lapangan Baruna, Ramayana dan Sukamaju guna mendukung terlaksanakanya operasi dimaksud.

Tegas Kapolresta ditambahkannya, terhadap tempat wisata yang masih tutup, pihaknya juga tetap melaksanakan pengamanan guna mencegah adanya kerumunan di tempat wisata.

“Walaupun ditutup namun tetap dilaksanakan antisipasi kerumunan di tempat wisata,” ujarnya.
Kesempatan itu, Walikota Bandar Lampung meminta kepada pengurus gereja dan masyarakat yang akan melaksanakan ibadah natal agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan dan Tim gugus percepatan penanganan Covid-19 akan turun langsung.

Kemudian kepada TNI – Polri serta Camat dan Lurah Walikota meminta untuk menyampaikan kepada masyarakat agar tidak merayakan pergantian tahun dengan berkumpul tetapi lebih baik dirumah saja.

“Tetap patuhi protokol kesehatan, masyarakat yang akan beribadah di gereja agar menaati apa yang disampaikan petugas kesehatan yang berada di gereja dan masyarakat tidak merayakan pergantian tahun dengan berkumpul lebih baik dirumah,” himbaunya. (Din/RF)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: