Hasil Lelang Desa BUDUR Kecamatan Ciwaringin Cirebon untuk Kas Desa

CIREBON, Transsumatera.id Tanah Kas desa merupakan pendapatan asli daerah (PAD) salah satu wilayah desa yang termasuk dalam kekayaan desa dan menjadi milik desa. Oleh sebab itu, Pemerintah Desa BUDUR kec Ciwaringin kabupaten Cirebon menyelenggarakan lelang tanah kas Desa dari pendapatan asli daerah (PAD) untuk menambah pemasukan kas desa.

Aset desa dapat berupa tanah, seperti blok Balong, Sasak jayem, tana alas, Tegal Panongan, dan tanah penganti tol, lain sebagainya.
Hasil lelang keseluruhan yang berjumlah Rp. 459.600.000 (empat ratus juta lima puluh sembilan juta enam ratus ribu ) uang yang segitu banyak masyarakat desa Budur kecamatan Ciwaringin kabupaten Cirebon bisa mengawasi dana kas desa dipergunakan untuk apa saja.
Aset desa berasal dari kekayaan asli desa yang dibeli atau diperoleh atas beban anggaran pendapatan dan belanja desa atau perolehan hak lainnya yang sah.

Bertempat di Balai Desa budur kecamatan Ciwaringin kabupaten Cirebon, Pemerintah Desa budur menyelenggarakan Lelang Tanah Kas Desa Tahun 2020 Sabtu (28/11/2020).

Kegiatan ini merupakan pemanfaatan aset desa sebagai salah satu sumber pendapatan desa.
Hasil lelang untuk keperluan desa seperti menggaji perangkat, kegiatan selama satu tahun, membeli keperluan alat tulis kantor (ATK) dan dimasukkan ke kas Anggaran Penerimaan dan Belanja Desa (APBDes) Budur tahun 2020.

Peserta lelang merupakan masyarakat Desa budur kecamatan kecamatan Ciwaringin kabupaten Cirebon dengan barang yang dilelang berupa tanah milih kas desa. Sistem lelang diadakan secara terbuka, bebas,dan dimufakatkan bersama.

MERUJUK Pasal 1 angka 18 Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004, pendapatan asli daerah (PAD) adalah pendapatan yang diperoleh daerah yang dipungut berdasarkan peraturan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Batasan waktu barang yang dilelang adalah satu tahun.
Dengan adanya lelang tanah kas desa merupakan dari pendapatan asli daerah (PAD) diharapkan warga dapat mengelola lahannya sesuai kebutuhan dan bermanfaat bagi desa setempat.(AMIN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: