Rayakan Hari Sumpah Pemuda BUMD Pesawaran Gotong-royong di HORTIPARK Siap Lahan KOMPPI

TRANSSUMATERA.ID-Pelaksanaan Business plan Akademia Desapolitan Indonesia oleh PERSERODA PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD pesawaran di antaranya adalah mewujudkan program Kapulaga Organik Makmurkan Petani Pesawaran Indonesia (KOMPPI) yang kini telah ada 200Ha lahan KOMPPI yang memanfaatkan hutan dalam register 20 yang di kelola petani dusun tanggang, desa maja, kecamatan marga punduh berkerjasama dengan UPTD KPH XI Pesawaran.
Program KOMPPI dalam pola tanamnya tidak merusak hutan ataupun kebun karna Kapulaga tumbuhan rempah yang dapat di tanam tumpang sari yang tidak membutuhkan lahan pertanian tunggal.

Di hari sumpah pemuda ke-92 Keluarga besar BUMD pesawaran gotong royong menyiapkan lahan KOMPPI di HORTIPARK pada areal kebun coklat. Kapulaga di pilih jadi program BUMD pesawaran untuk meningkatkan perekonomian petani. karna kapulaga merupakan Trinitas rempah termahal di dunia ke Tiga setelah Vanili dan Safron, yang menggantikan posisi; Pala, Cengkeh dan Lada sebagai Trinitas rempah termahal di dunia terdahulu.
Uniknya kapulaga memiliki kemampuan meranggas saat kemarau panjang dan akarnya mengandung Fusarium non patogen yang bisa menghambat pertumbuhan gulma di sekitar rumpun pertumbuhan kapulaga dan buahnya di atas permukaan tanah. Kapulaga selain buahnya dapat di panen untuk di jual, batang mudanya saat penjarangan rumpun kapulaga dapat di panen dan di jual untuk bibit atau di sedekahkan ke petani lainnya untuk di tanam kembali pada lahan pertaniannya.

DIRUT BUMD pesawaran Ahmad Muslimin,SE di hari sumpah pemuda kali ini setelah gotong royong bersama unsur pimpinan dan para staff menyusun dua program tambahan dalam akademia Desapolitan indonesia yakni Program Kemiri Organik, Minyak atsirin, Pala, Pinus, pAdi gogo dan Karet(KOMPPAK) dan Program Kelapa genjah Organik, eMbung, Pinang, Vanili, lAda perdu dan Safron(KOMPVAS). Sebagai program pendamping KOMPPI yang akan di usulkan kepada pemerintah daerah via KADIS KEHUTANAN Provinsi Lampung dan KABAG SDA Kabupaten pesawaran untuk di kerjasamakan secara Tripartit antara BUMD Pesawaran, Petani dan KPH dalam Pemanfataan dan pengelolaan hutan dalam register yang ada di kabupaten pesawaran.
Dengan demikian tiga program tersebut di atas akan menopang program kartu petani berjaya dan wujudkan Lampung berjaya untuk Indonesia maju. Dan untuk home industri produksi minyak atsirin telah di wujudkan oleh Branch Manager BUMD pesawaran kantor cabang kabupaten pesawaran Aan Saputra,S.Ht.I dengan mendirikan Rumah Kreatif, Inovatif Tangguh Andan jejama di desa maja dan desa gunung sari.

Pesawaran Andan jejama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: