TRANSSUMATERA.ID – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong sinergitas antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dalam upaya membangkitkan perajin dan juga sektor UMKM di Provinsi Lampung.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Arinal dalam Rapat Sinergitas dan Optimalisasi Peran Dekranasda Provinsi Lampung di Ruang Rapat Utama, Kantor Gubernur Lampung, Selasa (8/9/2020).

Menurut Arinal, Dekranasda sebagai mitra pemerintah memiliki peran yang strategis salah satunya melakukan pembinaan dan pengembangan perajin sebagai langkah dalam peningkatan ekonomi kerakyatan.

Untuk itu, Arinal meminta dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait inovasi program yang bisa dikerjasamakan dengan Dekranasda.

“Dekranasda tidak bisa jalan sendiri, harus ada sinergitas dengan OPD. Jika OPD tidak aktif terlibat, dekranasda tidak akan bangkit, untuk itu harus mendapat dukungan,” ujar Gubernur Arinal.

Arinal mengatakan sinergitas ini penting dilakukan karena juga sebagai langkah dalam membangkitkan sektor-sektor dan komoditas yang ada di Provinsi Lampung termasuk lingkup pariwisata.

Karena salah satu tugas pokok Dekranasda Provinsi Lampung yakni memperluas pangsa hasil kerajinan.

“Lampung kaya akan potensi sumber daya alamnya begitu juga dengan sumber daya manunusianya. Kita harus bangkit,” katanya.

Menurutnya, beberapa OPD tidak hanya lingkup UMKM dan perindustrian, bisa ikut mensuport untuk bersinergi demi kemajuan dekranasda.

“Sektor pertanian, perkebunan, perikanan semua harus bisa membaca wilayah OPD nya masing-masing, apa fungsi dinas terkait dengan dekranasda. Dukungan tersebut nantinya harus sesuai dengan tupoksi OPD masing-masing,” ujarnya.

Arinal juga menyebutkan nantinya dari dukungan kerjasama tersebut, akan berdampak pada kebangkitan para perajin dan UMKM serta upaya pengembangan sektor pariwisata.

Seperti, produk UMKM yang nantinya akan ditampilkan diantaranya di Dermaga Eksekutif Bakauheni, Bandara Radin Inten II dan Rest Area Jalan Tol.

“OPD harus berperan aktif, gali peluang, bagaimana perajin dan UMKM ini nanti poisisinya ada di kawasan pariwisata, rest area, bakauheni dan bandara,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal berharap semua OPD terkait bisa bersinergi dan saling mendukung untuk kemajuan Dekranasda.

“Ingin agar semua dinas terkait bisa bersinergi, bekerjsama, komunikasi secara lebih maksimal sehingga akan warna baru bagi dekranasda. Demi kemajuan dan perbaikan pada masa yang akan datang,” ujar Ibu Riana.

Keterlibatan OPD, lanjut Ibu Riana, dapat mendukung Dekranasda Provinsi Lampung dalam pelaksanaan event-event seperti International Handicraft Trade Fair (Inacraft).

“Termasuk juga produk yang ada di dekranasda bisa lengkap dengan seluruh OPD terkait,” katanya. (Adpim)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: