Jelang New Normal, Kegiatan Pos Yandu Desa Jati Indah Terapkan Protokol Keaehatan

TRANSSUMATERA.ID-Sosialisasi menjelang masa New Normal yang tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang telah dilakukan oleh Pemdes (Pemerintahan Desa) Jati Indah Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, ternyata tidak hanya dikhususkan pada warga masyarakat desa setempat, pada semua kegiatan yang ada di desa termasuk pada kegiatan pos yandu juga diberlakukan penerapan Protokol Kesehatan.

Hal tersebut terlihat pada kegiatan Posyandu yang dilaksanakan di balai desa setempat pada Jum’at (10-7). Smua Kader Posyandu, ibu-ibu balita serta ibu hamil semua menggunakan perlengkapan penanganan Covid-19, seperti menggunakan masker, cuci tangan dan penyemprotan uap desinfektan.

Kepala Desa Jati Indah, Ibdi Erwanto.SE, saat ditemui usai kegiatan menjelaskan, kegiatan Posyandu yang biasa dilakukan di balai desa setempat ini merupakan kegiatan rutin bagi kader pos yandu untuk memantau kesehatan balita dan ibu hamil, mulai dari penimbangan, pemberian makan yang bergizi pada balita serta pengecekan kesehatan pada ibu hamil.

Namun pada saat pemberlakuan masa New Normal ini, kegiatan pos yandu tetap melakukan penerapan Protokol Kesehatan.

“Walaupun saat ini masuk dalam masa New Normal namun tetap dalam penerapan Protokol kesehatan, seperti harus memakai masker, cuci tangan serta jaga jarak, ” jelasnya.

Pada kegiatan pos yandu kali ini, kata Ibdi Erwanto, juga dihadiri oleh Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung selatan yang didampingi oleh Darmawan, Kepala UPT Puskesmas Tanjung bintang, kehadiran Tim dari Dinas Kesehatan ini hanya merupakan kegiatan seremonial untuk melihat sejauh mana perkembangan pos yandu di Desa Jati Indah serta memantau sejauh mana penerapan Protokol Kesehatan dalam situasi pelaksanaan New Normal di desa Jati Indah.

“Ada sedikit penjelasan dari Tim Dinas Kesehatan, agar kader kader Posyandu dan para ibu balita serta ibu hamil, khususnya untuk seluruh warga masyarakat Desa Jati Indah dapat memahami pengertian yang dimaksud dengan kondisi New Normal, sehingga masyarakat tetap mengikuti Protokol kesehatan dalam kegiatan apa pun,” katanya.

“Bagi kader dan ibu ibu balita agar dapat mengerti sehingga walaupun saat ini Pemerintah melaksanakan kondisi New Normal, bukan berarti aktifitas kehiduoan masyarakat kembali bebas seperti sebelumnya, namun kita masuk di era kehidupan baru dengan kebiasaan baru dan tetap mengacu kepada Protokol kesehatan, saat kondisi New Normal ini, semua harus memenuhi standar kesehatan bila masih ada kekurangan akan menjadi perbaikan dan evaluasi agar lebih baik lagi, “kata Ibdi mencuplik penjelasan dari Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung selatan.

Sebagai Kepala desa Jati Indah, Ibdi Erwanto berharap, dengan kehadiran Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten meninjau langsung kegiatan Posyandu di desanya, ini akan menjadikan Motivasi bagi Kader kader Posyandu untuk bekerja lebih baik dan lebih giat lagi, teruma bagi ibu ibu balita dapat mengerti begitu penting nya kesehatan bagi anak anak balita. ” dengan hadirnya Tim Dinas kesehatan pada kegiatan Posyandu di desa kami (Jati Indah.red) semoga menjadi modal ilmu bagi Kader kader Posyandu agar Posyandu di desa Jati Indah bisa lebih lebih baik, “harapnya. (Firdaus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: