Bandar Lampung – Inisiasi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka exit tol menuju ke Pelabuhan Panjang disetujui. Hal tersebut terungkap dalam audiensi Dirut PT Pelindo II a Cabang Panjang Arif Suhartono dengan Gubernur Arinal. Audensi berlangsung di Lapangan Golf, Sukarame, Bandarlampung, Jumat (26/6/2020).

Pembuikaan exit tol menuju Pelabuhan Panjang itu diharapkan semakin memacu peningkatan ekspor berbgai komoditi yang dihasilakn Provinsi Lampung.

Menurut Gubernur Arinal, keberadaan ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung harus membawa perubahan dalam peningkatan perekonomian, khususnya dari sektor ekspor dan impor.

“Sejak diresmikan , jalan tol belum memiliki exit tol menuju ke Pelabuhan Panjang. Sehingga saya meminta pelaksana jalan tol untuk membuat exit tol menuju Pelabuhan dan Alhamdulillah sudah disetujui,” kata Gubernur Arinal.

Dengan dibuka exit tol itu, lanjut gubernur, akan berpengaruh terhadap peningkatan ekspor di Provinsi Lampung.

“Exit tol ini juga akan terhubung dengan rencana pembangunan jembatan panjang yang akan terhubung ke tempat-tempat wisata, seperti Kiluan dan Pahawang,” jelasnya.

Selain itu, Lampung memiliki banyak potensi sumber daya alam (SDA) guna menunjang peningkatan ekspor.

“Lampung memiliki sumber daya alam yang sangat bagus dan potensial. Lampung merupakan penghasil Komoditi pertanian tingkat nasional dan dunia, diantaranya kita penghasil singkong nomor 1 dunia, kopi nomor satu se Indonesia, coklat nomor dua, padi nomor tujuh dan jagung nomor tiga se Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC Arif Suhartono menjelaskan, Pelabuhan Panjang akan dijadikan pilot project (percontohan) pelabuhan di Indonesia.

“Terpenting dari seluruh stakeholder dari customer, membutuhkan dorongan dari pak Gubernur agar transportasinya lebih cepat. Dan kita bersyukur karena Gubernur Arinal sangat mendukung hal tersebut,” jelas Dirut Arif.

Menurut Arif, adanya jalan tol akan mengubah perdagangan. “Dengan adanya jalan tol maka akan terjadi pergeseran mata perdagangan, khususnya internasional .Intinya kami sangat support dan akan berkolaborasi guna meningkatkan potensi perdagangan,” jelasnya. (Adpim)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: