Kapolda Lampung Tinjau Kesiapan Gugus Tugas Covid 19 Lamteng

Lampung Tengah (Transsumatera.id) – Tim Monev Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung yang dipimpin langsung oleh Kapolda Lampung, Irjen Pol Drs Purwadi Ariyanto, didampingi Karo Ops Kombes Pol Moch Sagi Dharma Adhyakta beserta jajarannya, meninjau kesiapan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Tengah , Senin (20/4/2020).

Kunjungan Kapolda Lampung beserta jajarannya disambut langsung oleh Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto bersama Kapolres Lampung Tengah ,AKBP I Made Rasma serta Dandim 0411 Lamteng Letkol Czi. Burhannudin, Kajari M. Mansur Majid, Pj. Sekda Lamteng Hannibal dan para Asisten serta Staf Ahli Bupati, dan juga para Pejabat dilingkungan Pemkab setempat di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak.

Kapolda Lampung mengatakan bahwa kunjungan ini sebagai tindaklanjut instruksi Presiden RI Joko Widodo, dalam menyikapi pandemic virus Corona atau Covid-19 yang merupakan bencana nasional non alam yang berpengaruh besar terhadap aspek kehidupan .

Beberapa aspek yang sangat berpengaruh diantaranya yaitu, ekonomi, sosial, politik, budaya, keamanan dan pertahanan. Oleh karena itu, sebagai bencana nasional diharapkan Kabupaten Lampung Tengah dapat menerapkan anjuran pemerintah dengan selalu jaga jarak (physical distancing dan sosial distancing).

Selain itu, wabah ini juga berdampak pada pemilihan kepala desa/kampung dan pemilihan kepala daerah yang menjadi tertunda , serta berdampak besar pada ekonomi masyarakat yang tidak dapat melakukan aktivitas kerja secara rutin seperti biasanya.

“Alhamdulilah Kabupaten Lampung Tengah sudah terbentuk Gugus Tugas Tanggap Bencana Covid-19. Mari jaga diri dan keluarga kita dari penularan wabah berbahaya ini. Bagi yang bekerja diluar, jika pulang kerumah segera membersihkan diri terlebih dahulu sebelum mengahampiri keluarganya,” Ucap Kapolda dalam kunjungan tersebut.

Sementara itu, dari sisi Hankam hanya TNI dan Polri yang dirumahkan. Sebab, dua institusi itu menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan untuk masyarakat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga sangat dibutuhkan ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

Kemudian, pasar adalah tempat paling rentan penularan Covid-19, karena social distancing tidak ada, ditambah dengan kekhawatiran dengan napi yang keluar. Maka aparat penegak hukum agar siap menjaga para napi yang sudah dikeluarkan.

“Saya atas nama Tim Monev Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung mengucapkan terimakasih atas penyambutan ini, dalam agenda meninjau kesiapan Gugus Tugas Covid- 19 Kabupaten Lampung Tengah,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menjelaskan, dalam mencegah dan menangani Covid-19 pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

“Salah satunya kita memonitoring keluar masuknya orang di Lamteng. Ayo kita sama-sama melawan virus Corona dengan melakukan budaya hidup sehat dan bersih serta rutin mencuci tangan pakai sabun,” ujar orang nomor satu di Bumi Beguwai Jejamo Wawai ini.

Selanjutnya, Kapolda Lampung dan Bupati Lamteng beserta rombongan
meninjau Posko pelaksanaan kegiatan deteksi dini pencegahan virus Corona, di Terminal Betan Subing Terbanggi Besar.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Lampung bersama Bupati Lamteng melihat langsung kegiatan pemeriksaan kesehatan penumpang dari kendaraan umum yang berasal dari luar wilayah Lampung Tengah.

Kemudian Kapolda dan Bupati meninjau Plaza Bandajaya untuk memantau pengunjung agar menerapkan physical distancing dan sosial distancing ( jaga Jarak).

“Saya juga menghimbau masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah ditengah pandemi virus Corona, dan selalu menggunakan masker jika keluar rumah. Lebih baik dirumah jika tidak ada urusan mendesak. Ayo kita sama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19,” ajak bupati. (J/s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: