Bupati Loekman Djoyosoemarto Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten Tahun 2020 Lewat Teleconference

Lampung Tengah (Transsumatera.id) – Melalui teleconference, Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Tahun 2020, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2021, di Ruang Command Center Dinas Kominfo setempat, Kamis (16/4/2020).

Melalui teleconference bersama Gubernur Lampung dan Jajarannya saat Musrenbang, Bupati Lamteng didampingi para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Bappeda Lamteng Roni Witoyo, dan para Kepala SKPD lainnya.

Acara Musrenbang ini juga diikuti Ketua DPRD Lamteng Sumasono beserta Anggota melalui teleconference di Ruang Rapat Paripurna DPRD Lamteng.

Dalam laporanya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lamteng Rony Witono menjelaskan, tujuan diadakannya Musrenbang ini dalam rangka mengefektifkan dan mengoptimalkan proses perencanaan dan pengendalian pembangunan daerah, terutama dalam rangka meningkatkan konsistensi kebijakan, pencapaian tujuan dan sasaran program pembangunan.

Menurutnya, Forum Musrenbang merupakan momen penting karena akan memantapkan persiapan penyusunan rencana pembangunan dengan menghasilkan arah dan kebijakan umum berupa RKPD Lampung Tengah.

Dalam pelaksanaannya, Pejabat Pemerintah dan kalangan masyarakat secara dialogis dan setara membahas dokumen rancangan awal RKPD untuk menyepakati hal penting bagi kemajuan Kabupaten Lampung Tengah kedepan.

“Kegiatan Musrenbang ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam proses perencanaan pembangunan daerah tahunan, sebagai acuan dalam penyusunan RKPD Tahun 2021,” ujar Kepala Bappeda Lamteng.

Sementara itu ditempat berbeda, Ketua DPRD Lamteng Sumarsono saat mengikuti Musrenbang melalui teleconference menyampaikan sejumlah poin. Salah satunya mengingatkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah.

“Ditengah dampak dari penyebaran pandemi virus Corona atau Covid-19 saat ini, saya juga mengingatkan Pemkab Lampung Tengah untuk memikirkan recovery ekonomi di tahun 2021 yang akan di laksanakan oleh pemerintah daerah setempat, agar bisa kita bangkitkan kembali,” urai Ketua DPRD Lamteng.

Sementara itu, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mengatakan, dibukanya Musrenbang melalui teleconference ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang saat ini masih belum mereda di Indonesia termasuk di Kabupaten Lampung Tengah.

Loekman mengatakan, Musrenbang RKPD tahun 2021 Tingkat Kabupaten ini juga merupakan kelanjutan dari proses penjaringan aspirasi masyarakat yang telah dilaksanakan, mulai dari Musrenbang Kampung dan Kecamatan.

“Meski melalui teleconference, Musrenbang ini tetap berjalan demi kepantingan kita bersama. Mengingat Musrenbang merupakan rangkaian dari proses penyusunan secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat, sebagai acuan dalam penyusunan RKPD Tahun 2021,” ungkap Bupati.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: