Bandarlampung, Transsumatera – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung resmi membuka pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur mulai hari ini, Selasa (27/8/2024).

Dalam konferensi pers yang digelar di Kantor KPU Lampung, Ketua KPU Lampung Erwan Bustami menyampaikan bahwa proses pendaftaran akan berlangsung selama tiga hari hingga 29 Agustus 2024.

Sejauh ini, baru satu pasangan calon yang telah mengonfirmasi pendaftaran, yaitu Rahmat Mirzani Djausal dan Jihan Nurlela. Meski demikian, KPU tidak akan berspekulasi terkait jumlah kandidat yang akan mendaftar.

“Kami tidak bisa berasumsi bahwa hanya akan ada satu pasangan calon. Pendaftaran masih terbuka, dan kami menunggu hingga batas akhir,” ujar Erwan.

KPU Lampung juga siap memperpanjang masa pendaftaran jika hingga batas waktu yang ditentukan hanya ada satu pasangan calon yang terdaftar.

Menurut Erwan, aturan yang berlaku memperbolehkan penambahan waktu pendaftaran hingga tiga hari tambahan untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi calon lainnya.

“Jika hanya satu pasangan calon yang mendaftar, kita akan melakukan sosialisasi dan memperpanjang waktu pendaftaran,” jelasnya.

Lebih lanjut, KPU memastikan bahwa meski pasangan calon yang datang untuk mendaftar tiba di detik-detik terakhir, administrasi mereka tetap akan diproses jika tiba sebelum pukul 23.59 WIB di hari terakhir pendaftaran.

Bawaslu Lampung, melalui anggota Suheri, turut menyatakan kesiapannya dalam mengawasi setiap tahapan pendaftaran, khususnya terkait pemenuhan persyaratan pencalonan.

“Kami telah menyurati KPU untuk memastikan bahwa semua syarat pencalonan sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Sosialisasi tambahan ini diharapkan mampu menarik lebih banyak pasangan calon untuk ikut serta dalam Pilkada Lampung 2024, sekaligus memastikan bahwa seluruh proses berjalan secara transparan dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sebelumnya, Ketua DPD Gerindra Lampung, Rahmat Mirzani Djausal mengatakan dirinya bersama dengan Jihan Nurlela akan mendaftar pada hari terakhir dengan didampingi Sekertaris Jenderal DPP Gerindra Ahmad Muzani.

“Insyaallah kita akan daftar tanggal 29 Agustus dengan didampingi Sekjend,” katanya, Senin (26/8/2024). (Muh)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: