TRANSSUMATERA (LS) – Selama 40 Hari melaksanakan KKN di Desa Agom kecamatan Kalianda Lampung Selatan 16 Mahasiswa/i UIN Raden Intan Lampung Kembali ke Kampus.

16 mahasiswa UIN RIL sejak awal di serah terimakan oleh Dosen Pembimbing Lapangan DR.H.Ridwansyah,SE ,MESY pada 10 juli 2024 kepada pemerintahan Desa Agom kecamatan Kalianda yang di terima langsung oleh Kepala Desa Agom Muchsin syukur hingga 20 Agustus 2024.

Di paparkan oleh Dosen Pembimbing lapangan DR H.Ridwansyah,SE. ,MESY kepada media trans-sumatera pada Senin,(19/08/2024) bahwa ke 16 mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelompok 35 dan kelompok 36 tersebut akan melaksanakan tugasnya selama 40 hari didesa Agom, kalau selama ini para mahasiswa ini hanya berada di lingkungan kampus maka pada pelaksanaan KKN ini mereka terjun langsung ke desa berbaur dengan masyarakat selain mempelajari apa dan bagaimana kehidupan didesa mereka juga bisa mempraktekan sesuai dengan apa yang mereka pelajari selama di kampus.

Ada beberapa program yang sudah dilaksanakan oleh para mahasiswa selama melaksanakan KKN didesa Agom seperti memberikan edukasi kepada masyarakat seperti Penanaman bibit Pohon, Mengajar Mengaji, Jum’at Sehat, kemudian sosialisasi tentang bahaya judi online,sosialisasi Anti Bullying,Sosialisasi Mental Health, Bersih Bersih Masjid (BBM) sampai dengan Perayaan 17 Agustus 2024.

Tidak hanya sampai disitu Lanjut Ridwansyah selaku DPL para mahasiswa, bahwa ada juga program pembuatan Plang nama jalan,Ecobrick,Street Art,Posyandu sampai pada pengembangan UMKM dengan Pembuatan Logo Prodak yang selama ini belum memiliki logo ,semua terlaksanakan dengan baik dan lancar, tentunya hal tersebut tidak terlepas dari Kerjasama serta dukungan dari Pemerintahan Desa serta elemen masyarakat desa setempat.

Juga selama 40 hari KKN didesa Agom para mahasiswa kita sukses dengan program individu yang dilaksanakan seperti, Sosialisasi Menabung, Pengembangan diri, kemudian Belajar asyik (BESIK) lalu juga sosialisasi tentang Bahaya Pernikahan Dini dan Pergaulan bebas yang seluruhnya di sambut Antusias warga desa Agom.

Ridwansyah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) para mahasiswa juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak pemerintahan desa Agom beserta warga masyarakat yang sudah menerima dengan sangat baik keberadaan para mahasiswa UIN RIL melaksanakan KKN selama 40 hari dan berbaur dengan warga masyarakat serta Karangtaruna desa sehingga semua kegiatan berjalan lancar dan sukses.

Harapan Kami selaku Pembimbing Para mahasiswa yang telah melaksanakan KKN dan Terjun langsung ke masyarakat dapat menjadikan bekal bagi mereka ketika nanti mereka lulus sebagai sarjana dan untuk modal sukses dimasyarakat bukan hanya sukses di Akademi dan harapan juga mereka menjadi contoh bagi masyarakat yang selama ini agak kurang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Agom kecamatan Kalianda Muchsin syukur melalui sambungan selulernya kepada trans-sumatera menyampaikan Ucapan terimakasih dan bersyukur desa yang di Nahkodai oleh dirinya termasuk salah satu desa yang menjadi pilihan untuk KKN para mahasiswa UIN Raden intan Lampung.

Selaku Kepala Desa pria yang akrab di panggil Bang Muchsin ini merasa sangat bersyukur dan sangat terbantu dengan hadirnya Para mahasiswa UIN RIL Yang melaksanakan KKN di desa Agom selama 40 hari.

Dengan hadirnya para mahasiswa tersebut sudah memberikan warna baru di desa Agom , para mahasiswa tersebut banyak membantu kami didesa , mereka terjun ke Masyarakat, mereka mengajar mengaji,membantu mengajar di SD Alhamdulillah”ucap kades


Mereka juga banyak membantu dimana kita pernah menjadi pusat di laksanakan nya Kalianda fair 2024,kemudian pelaksanaan perayaan 17 Agustus beberapa hari yang lalu dan semuanya berjalan sukses juga berkat andilnya para mahasiswa tersebut”

” Pokoknya terhadap adek adek mahasiswa UIN Lampung, saya atas nama masyarakat desa Agom tidak dapat memberikan apa apa, hanya doa dan ucapan terimakasih semoga apa yang mereka cita citakan kelak dapat tercapai dan sukses.” Pungkasnya (BT)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: