Bandarlampung Transsumatera – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung, memantau persiapan cabang olahraga dan atlet yang sudah lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut.

Pemantauan tersebut dilakukan melalui tim monetoring dibawah koordinasi Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres).

Kabid Binpres KONI Lampung Candra Kurniawan mengatakan Pelaksanaan Moneva (monetoring dan evaluasi) sudah berjalan sejak Cabor melaksanakan pelatihan provinsi para atlet yang sudah lolos PON.

“Pelaksanaan Pelatprov sendiri sudah ditetapkan oleh KONI pada 1 Oktober lalu dengan system bertahap sampai dengan Desember 2023 dan akan diteruskan pada Januari 2024 mendatang,” katanya di Bandarlampung, Senin (27/11/2023).

Candra menyampaikan turunnya Tim Monev ini untuk memantau pelaksanaan latihan para atlet PON Lampung.

“Tugas tim adalah mengumpulkan data atlet dan pelatih, yang melaksanakan latihan persiapan menghadapi PON. Target kami Desember seluruh Cabor dan atlet sudah kami monitor,” ujarnya.

Lebih lanjut Candra menjelaskan, pihaknya akan menggelar tes fisik dan kesehatan bagi seluruh atlet PON Lampung pada bulan Desember mendatang.

“Pelaksanaan Monev sendiri baru bisa maksimal, setelah seluruh Cabor menyelesaikan babal kualifikasi (BK) PON yang akan berakhir pada Desember mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu Tim Monev dari KONI Lampung Supeno mengatakan seluruh atlet yang sudah mengantongi tiket PON Aceh-Sumut serius dalam melaksanakan latihan baik tehnik maupun fisik.

“Jumat lalu kami mengunjungi beberapa Cabor yang ada di Metro dan Lampung Tengah. Seperti Judo, Sambo dan Hapkido. Semua atlet berlatih dengan serius dan disiplin. Sebelumnya kami juga sudah memantau sebagia atlet yang di Kota Bandarlampung,” katanya.

Supeno menjelaskan kalau tugas dari Tim Monev adalah sebetas memantau dan bila memang diperlukan memberikan motivasi atau semangat kepada atlet.

Menurut Supeno hal tersebut dilakukan agar dalam menjalani pelatihan bisa menerima dan menjalankan pelatihan yang diterima.

“Sehingga pada saat pertandingan di PON mendatang, hasil dari pelatihan dapat dipergunakan untuk meraih prestasi,” pungkasnya.

Sementara itu total sudah ada 15 Cabor yang dipantau oleh Tim Monev sampai dengan berita ini ditulis, antara lain ;

Senam, Renang, Selam, Futsal, Atletik, Dancesport, Anggar, Kurash, Kabadi, Softball, Sambo, Judo, Hapkido, Gateball dan Tenis Meja. (Muh)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: