Lampung tengah, Transsumatera.id –
Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah menggelar acara Simulasi Pilkakam Secara E-Voting di Kabupaten setempat yang bertempat di Balai Kampung Wates pada Jumat 25 Maret 2022.

Dalam kesempatan tersebut hadir Bupati Lampung Tengah, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Forkopimda, Sekda, Para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat serta tamu Undangan.

Sistem e-voting merupakan sebuah sistem yang memanfaatkan perangkat elektronik dan mengolah informasi secara digital untuk membuat surat suara, memberikan suara, menghitung perolehan suara, mengirim hasil perolehan suara, menayangkan perolehan suara serta memelihara dan menghasilkan perhitungan suara.

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri Dr.Yusharto H, M.Pd mengatakan program ini merupakan terobosan yang telah di gagas di tahun 2012 dan di aplikasikan di tahun 2013 dan hingga saat ini sudah di aplikasikan di 11 Provinsi, 17 kabupaten dan 981 pilkades di seluruh Indonesia dan untuk hari ini diadakan simulasi di Lampung Tengah yang mana banyak manfaatnya bagi Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.

” ini merupakan terobosan baru yang telah kami gagas sejak 2012 lalu dan kami aplikasikan di tahun 2013 dan hingga saat ini sudah di aplikasikan di 11 provinsi,17 kabupaten,dan 981 pikades di Indonesia “, Jelasnya.

Sementara itu , Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad,S.sos ,mengapresiasi terobosan yang di lakukan melalui dinas PMK Lampung Tengah, dengan begitu ada beberapa manfaat yang akan di rasakan seperti efesiensi dan efektif untuk penghitungan suara lebih cepat dan tidak ada duplikat data pemilih serta tidak ada surat suara rusak serta menghemat biaya dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk di wilayah kabupaten Lampung Tengah sendiri akan menggunakan E- Voting di 5 Pemilihan Kepala Kampung dalam waktu dekat ini.
Apabila reset ini dinyatakan baik serta berjalan sukses , maka harapan Bupati nantinya seluruh pemilihan kepala kampung akan menggunakan e-voting.

” Apabila ujicoba e-voting dalam pemilihan di lima kepala kampung besok bisa sukses ,maka kedepannya kita akan gunakan e-voting dalam pilkdes kedepan “, Ujarnya .(Joe)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: