Tubaba (TRANS)- Kepalo Tiyuh Mulya Jaya Dihadiahi Gelar Stan Makmur dalam puncak hari jadi ke 77 tahun kecamatan tulang bawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat, yang diadakan begawi adat dan ditutup karnaval budaya dari berbagai kebudayaan yang berasal dari seluruh tiyuh (desa) kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Kecamatan tulang bawang tengah awalnya berasal dari Asisten kewedanaan tahun 1945, lalu berubah pada tahun 1952 menjadi kecamatan Panaragan, lalu pada tahun 1972 menjadi Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Puncak peringatan tersebut di mulai pada Senin 21 2022 yang di adakan peppung tiyuh ( musyawarah desa) dan di lanjutkan pepung marga ( musyawarah marga). Selanjutnya pada Selasa 22 maret, begawi adat magowpak marga Tegamoan yaitu acara turun di way dan cakak pepadun dan pemberian gelar Suttan kepada 19 Kepalo Tiyuh, 2 Lurah dan satu Camat serta menjadikan tiyuh eks transmigrasi menjadi tiyuh adat.

Supriyadi SH kepalo tiyuh mulya jaya yang bergelar Settan Makmur, menjelaskan acara Begawi dan pengangkatan gelar Settan ini di mulai dari hari senin kemarin dan puncak nya hari Rabu 23 Maret 2022 kemarin. selain saya yang mendapatkan gelar istri saya pun mendapatakan gelar stan Bahagia.

“Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada ketua federasi marga empat, dalam acara hari jadi nya kecamatan tulang bawang tengah ini menjadikan sejarah baru bagi kita semua dimana menjadikan tiyuh eks transmigrasi menjadi tiyuh adat,” ungkap Ujang sapaan akrabnya yang saat ini bergelar Stan Makmur.

Acara di meriahkan dengan pemotongan Nasi tumpeng yang di lakukan Camat Tulang Bawang Tengah, serta perayaan di hadiri Anggota DPRD Tubaba, Dandim, Forkopimda, para camat, tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Serta para tamu undangan.(Fathul)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: