Bandarlampung Transsumatera.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung tetap membuka wisata kuliner Taman UMKM Bung Karno di tengah peningkatan kasus Covid-19 di Kota Tapis Berseri ini.

Namun, Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana mengimbau para pedagang dan pengunjung wisata kuliner Taman UMKM Bung Karno tetap menerapkan protokol kesehatan 5M secara ketat, terutama memakai masker dan menjaga jarak.

“Kita selalu menghimbau, baik pengunjung maupun pedagang harus tetap menerapkan proses, terutama memakai masker dan menjaga jarak,” kata Bunda Eva, sapaan akrabnya saat ditemui di Taman UMKM Bung Karno, Jalan Gatot Subroto, Pahoman, Minggu (6/2).

Bunda Eva yang juga Kepala Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandarlampung juga menginstruksikan, Dinas Perindustrian untuk mendata kembali pedagang di Taman UMKM Bung Karno.

“Pedagang sudah kita ajak untuk vaksinasi dosis ketiga di kecamatannya masing-masing,” tambahnya.

Sedikitnya 600 pelaku UMKM akan menerima vaksin Covid-19 dosis ketiga di 31 puskesmas yang tersebar di 20 kecamatan se-Bandarlampung.

“Kalau kita ngumpul kan rame, jadi kita minta mereka datang ke puskesmas yang ada di tempatnya masing-masing,” kata dia.

Sejak Taman UMKM Bung Karno diresmikan pada 28 Oktober 2021 lalu oleh Megawati Soekarnoputri, para pedagang kuliner tidak diizinkan melayani makan di tempat, kecuali dibungkus.

Sebelumnya, para pelaku UMKM di wisata kuliner Taman UMKM Bung Karno berharap Pemkot Bandarlampung tidak menutup kegiatan kuliner yang dibuka setiap Sabtu dan Minggu di Jalan Gatot Subroto.

Mereka sempat khawatir dengan beredarnya isu bahwa pemkot akan menutup sementara wisata kuliner Taman UMKM Bung Karno yang buka mulai pukul 06.00-10.00 Wib.

“Apalagi kemarin informasinya sempat mau ditutup. Tapi banyak keluhan dari pedagang UMKM, jadi dibuka kembali, enggak tahu untuk seterusnya karena ada Omicron kan langsung melonjak,” kata Fitri yang merupakan pedagang UMKM binaan Dinas Koperasi setempat.

Dia mengaku, sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. “Harapan saya dengan divaksinasi Covid-19 dan protokol kesehatan ketat, wisata kuliner Taman UMKM Bung Karno bisa tetap berlanjut,” tutupnya. (dk)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: