Site icon

Pasangan RMD-Jihan Sukses Ikuti 13 Rangkaian Tes Kesahatan di RSUDAM

Bandarlampung Transsumatera – Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal (RMD) dan Jihan Nurlela, sukses menjalani 13 rangkaian tes kesehatan di RSUD Abdul Moeloek, Bandarlampung, Minggu (1/9/2024).

Dimana, keduanya telah menjalani tes selama lebih dari 11 jam, yaitu pada pukul 08.17 WIB dan berakhir pukul 19.35 WIB.

Tes ini merupakan bagian dari tahapan penting Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sesuai dengan pedoman teknis yang diatur oleh KPU RI.

Rangkaian pemeriksaan meliputi 13 jenis tes kesehatan yang mencakup aspek fisik dan mental. RMD dan Jihan menjalani pemeriksaan jiwa, tes status penyalahgunaan narkotika, radiologi paru dan jantung, psikotes, tes IQ, hingga MRI.

Tes ini bertujuan untuk memastikan kesiapan jasmani dan rohani calon kepala daerah dalam menghadapi tantangan kepemimpinan.

“Alhamdulillah, seluruh rangkaian pemeriksaan berjalan dengan lancar. Kami berterima kasih kepada pihak rumah sakit atas pelayanan yang profesional,” ungkap RMD saat ditemui awak media usai menjalani tes kesehatan.

Jihan menambahkan bahwa ia bersama RMD optimis dapat lolos dari semua pemeriksaan tersebut.

“Kami sangat optimis, mengingat usia kami yang masih produktif dan semua rangkaian tes telah kami ikuti tanpa kendala,” katanya sambil tersenyum.

Tes kesehatan ini menjadi salah satu syarat wajib bagi para bakal calon kepala daerah di Indonesia, sesuai dengan Keputusan KPU RI Nomor 1090 Tahun 2024.

Tes ini mencakup pemeriksaan penyakit dalam, bedah, neurologi, jantung, THT, ginekologi bagi calon perempuan, hingga tes laboratorium.

“Tapi, (MRI) itu yang paling enak karena tidur (berbaring),” kata Jihan sembari tertawa kecil.

Selain pasangan RMD-Jihan, pasangan calon Arinal Djunaidi dan Sutono (Arinal-Sutono) telah lebih dulu menjalani rangkaian tes kesehatan pada Sabtu (31/8/2024).

Pemeriksaan kesehatan bagi para calon kepala daerah dijadwalkan berlangsung sejak 27 Agustus hingga 2 September 2024.

Pemeriksaan ini diharapkan dapat memberikan jaminan bahwa setiap pasangan calon siap memimpin dengan kondisi kesehatan yang optimal. (Muh)

Lewat ke baris perkakas