Bandarlampung, Transsumatera – Kebakaran melanda Kantor Kementerian Agama Kota Bandarlampung yang berlokasi di Jl. Pangeran Emir Moh. Noer, Gg. Muda 1, Kelurahan Sumur Putri, Kecamatan Teluk Betung Selatan, pada Minggu dini hari (18/08/2024).

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandarlampung, Irman Saputra, mengonfirmasi bahwa laporan kebakaran diterima oleh pihaknya pada pukul 02:53 WIB.

“Begitu menerima laporan, kami langsung mengerahkan unit pemadam dari beberapa pos siaga terdekat,” ujarnya.

Sebanyak 8 unit mobil pemadam dikerahkan, termasuk unit mobil Banteng dari Mako Tendean dan unit mobil Karba dari Pos Siaga Teluk Betung Selatan.

“Respons time kami mencapai 3 menit, di mana unit pertama tiba di lokasi pada pukul 02:56 WIB,” jelas Irman.

Api yang cepat menyebar menyebabkan kerusakan parah pada gedung utama Kantor Kementerian Agama dengan luas area terbakar mencapai 400 meter persegi.

“Proses pemadaman api berlangsung hingga pukul 05:27 WIB, menghabiskan 18 tangki air,” tambahnya.

Irman menyapaikan, berdasarkan keterangan dari saksi yang merupakan keamanan kantor Kementerian Agama Kota Bandarlampung Api diduga berasal dari korsleting listrik yang terjadi di plafon lantai 2 ruang Kabag Tata Usaha (TU) kantor tersebut.

Dalam kejadian tersebut Irman memaparkan sejumlah peralatan kantor turut hangus terbakar, termasuk 10 unit AC, 5 unit TV, 4 unit laptop, 6 unit komputer, serta 35 unit meja dan kursi.

Namun, hingga berita ini diturunkan, kerugian total masih dalam tahap penaksiran.

Irman juga menjelaskan bahwa setelah menerima laporan kebakaran, pihaknya langsung berkoordinasi dengan PLN untuk mematikan aliran listrik di kawasan terdampak guna mencegah kebakaran meluas.

“Kami mengutamakan keselamatan, baik bagi petugas kami maupun masyarakat sekitar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini,” pungkasnya. (Muh)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: