Transsumatera – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) resmi diluncurkan di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, dalam sebuah acara yang dihadiri oleh berbagai unsur terkait.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Bawaslu Provinsi Lampung, Gistiawan, Kepolisian Polda Lampung AKBP Wahyudi Sabhara, Sekda Kabupaten Pesisir Barat Jon Edwar, serta perwakilan dari Pengadilan Negeri Lampung Barat, Dandim 0422 Lampung Barat, Kemenag Pesisir Barat, Komisioner KPU Pesibar, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat se-Pesisir Barat, Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) se-Pesibar, partai politik, dan Panwaslu kecamatan Pesisir Barat.

Ketua Bawaslu Pesisir Barat, Abd. Kodrat S, dalam sambutannya, menegaskan bahwa keberadaan Sentra Gakkumdu diharapkan tidak hanya memberikan keadilan dalam penanganan pelanggaran tindak pidana yang terjadi saat pemilu dan pemilihan.

“Gakumdu juga melaksanakan monitoring serta evaluasi terkait penanganan pelanggaran tersebut secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” katanya.

Sementara itu, AKBP Wahyudi Sabhara dari Gakkumdu Provinsi Lampung mengingatkan akan potensi pelanggaran pidana yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada 2024 di Pesisir Barat.

“Pembentukan Gakumdu ini tidak lain karena pentingnya pencegahan dan penanganan pelanggaran pemilu dengan tegas,” katanya.

Anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Gistiawan, berharap dengan peluncuran Sentra Gakkumdu ini, konsep tersebut dapat diterapkan di 14 kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Lampung.

Ia juga mengingatkan agar semua pihak mendukung dan menyukseskan Pilkada 2024, dengan menekankan pada netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai abdi negara.

“Dengan dimulainya launching Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Pesisir Barat ini, akan menular di 14 Kabupaten Kota lainnya di Provinsi Lampung, sebab ini merupakan yang pertama di Provinsi lampung” ujarnya.

Pj. Sekda Pesisir Barat, Jon Edwar, dalam sambutannya menyatakan harapannya agar Gakkumdu mampu bersinergi dalam upaya menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024.

“Kami berharap ke depan kita dapat bersinergi dan mengalami pembaharuan dalam segala aspek, serta memiliki pemimpin yang jujur dan benar dalam mengambil langkah-langkah politik yang akan berdampak baik bagi masyarakat Pesisir Barat,” ujarnya.

Acara peluncuran ditutup dengan pemukulan alat Musil Cetik Lampung secara bersama-sama sebagai simbolisasi dimulainya operasional Sentra Gakkumdu pada Pilkada 2024 di Kabupaten Pesisir Barat. Peluncuran ini menandai langkah awal dalam menjaga keadilan dan integritas proses pemilu di daerah tersebut. (Muh)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: