Tubaba (TRANS)- Menjelang waktu berbuka puasa hari ketiga pada bulan Ramadhan 1443 Hijriah, sejumlah warga berbondong-bondong memadati halaman pasar modern di Tiyuh Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Senin 5 April 2022.

Pantau wartawan di lapangan ada beberapa lapak penjual makanan. Tidak sedikit makanan dan minuman yang dijajakan oleh pedagang pasar serta diikuti antusiasme luar biasa dari pembeli.

Seperti salah satu pedagang, Dhea mengatakan, dirinya berjualan sejak hari pertama puasa, ia berjualan berbagai jenis menu buka puasa seperti minuman dan menu takjil lainnya.

“Ya Alhamdulillah. Kalau bayar lapaknya Rp150.000 selama satu bulan puasa ini,” ujarnya.

Selain itu, Endah pedagang sayur mayur mengatakan sudah menjadi rutinitasnya setiap tahun selama bulan puasa berjualan dipasar ramadhan.

“Setiap bulan puasa dari tahun ketahun jualannya. Kalau syarat jualan disini ya bayar sewa lapak Rp150.000 dan parkir Rp2000 saja. Kepinginnya sih lapak pedagang ini dikasih tenda gitu, biar kalau hujan atau panas ya tetap nyaman,” harap Endah.

Terpisah, Yohanes Parno pedagang es degan kelapa muda mengeluhkan keterbatasan lapak yang didapatnya. Dia juga berharap pengelola pasar dapat memberikan fasilitas yang memadai.

“Caranya dagang disini daftar dan administrasi nanti, tempat mereka yang menentukan, kasih nomor begitu. Sewanya Rp150.000 satu bulan ini. Harapannya ya diperbaikilah, inikan sepertinya sempit, kalau disitukan luas enak, juga kalau dikasih tenda jadi nyaman,” tandasnya.

Di pasar yang bangunannya megah tersebut sudah tersedia lokasi khusus kuliner, namun anehnya pasar ramadhan justru digelar dihalaman pasar.

Sayangnya, hingga berita ini diterbitkan Baharuddin selaku kepala pasar Pulung belum dapat dikonfirmasi terkait dugaan pungli tersebut.

Ada dugaan penarikan uang lapak kepada puluhan pedagang ini belum memiliki Peraturan Daerah (Perda). (Fathul)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: