Tubaba (TRANS)-Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, didampingi Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad, meninjau fasilitas kesehatan Uluan Nughik Thermal Therapy (UNTT) berlokasi di Komplek Kota Budaya Uluan Nughik, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kamis 12 Agustus 2021.

UNTT merupakan sebuah metode pengobatan yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tubaba yang bekerjasama dengan beberapa dokter dan relawan yang memiliki tujuan untuk membantu menaikkan daya tahan tubuh pasien penderita Covid-19.

Menurut Umar Ahmad, metode UNTT ini mengadopsi dari kearifan lokal, di mana sebagian besar masyarakat Lampung saat melakukan pengobatan menggunakan metode betangas, yaitu salah satu metode tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam mengobati bermacam penyakit dengan menggunakan uap panas dan rempah dalam ruang tertutup.

“Akan tetapi yang cara kerja UNTT ini tidak sama dengan betangas yang mengandalkan uap air. Di sini kita memanipulasi dengan tiga unsur, yakni panas tekanan, dan kelembaban, kita juga tidak memberikan zat aktif, obat-obatan, suntikan, ataupun rempah-rempah dalam alat ini,” kata dia

Umar menjelaskan, metode UNTT ini telah diterapkan selama 3 bulan dan sebelumnya telah diuji coba kepada puluhan sukarelawan dan tentunya dengan pengawasan yang ketat dari Tim UNTT yang terdiri dari beberapa dokter yang kompeten dan memberikan hasil baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh pasien.

“Dari 100 relawan masuk alat ini, ada 91 relawan yang mengalami perubahan yang sangat signifikan. Alat ini suatu kebaikan yang bisa disebarluaskan, semoga tujuan dari terciptanya alat ini bisa segera terwujud membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yang masih tinggi penyebarannya. Kami pun mengundang orang yang memiliki kapasitas kompetensi penelitian, dapat meneliti bersama-sama melakukan kajian terhadap alat ini sehingga upaya yang kita lakukan sungguh bermanfaat,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arinal Djunaidi memberikan apresiasi kepada bupati atas inisiasi dan inovasi yang dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten Tubaba dengan mendirikan dan mengembangkan UNTT dalam rangka turut serta membantu memberikan solusi untuk meringankan keluhan pasien dengan gejala Covid-19.

“Saya menyambut baik Pak Bupati, mudah–mudahan ini merupakan satu solusi yang merupakan bagian dari upaya pengendalian dalam rangka kita menangani Covid-19,” ucap Arinal.

Sementara itu Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung ke instalasi UNTT, dan memberikan bantuan 500 paket sembako kepada masyarakat Kabupaten Tubaba.(Fathul/Adv)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: