TRANSSUMATERA.ID-Pertumbuhan Sektor Perhotelan Kiat Maju Di kabupaten Lampung Utara, Sayangnya para pelaku Usaha Terkesan Tidak sepenuhnya Mematuhi aturan Yang Telah di Tetapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara Sebagai Rambu-Rambu Dalam Mengelola Usaha.

Berdasarkan hasil penelusuran ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH), diketahui masih Ada hotel yang Belum memiliki dokumen Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). Anehnya, sejumlah perusahaan tersebut dengan leluasa menjalankan usahanya, sementara pemerintah seakan tak berdaya.

Seperti yang dilakukan Manajemen Hotel DUTA Kotabumi Meski telah lama beroperasi di Lampung Utara namun hingga saat ini hotel tersebut Diduga Kuat belum mengantongi izin lingkungan dan Izin memiliki IPAL.

“Saat Di konfirmasi IRA, Karyawan Hotel Duta terkait izin limbah dan Bak Penampungan Limbah,enggan berkomentar banyak.

” Saya ga tau apa apa pak saya cuma kerja di hotel ini, kalau masalah Urusan Limbah Itu Urusan Bos Saya, Kebetulan Bos Saya Lagi Ga ada Di Tempat, (Jum’at 20/08/2020)

Terpisah Selamet 50 Tahun, yang Juga Karyawan Hotel Duta saat Di tanya Tempat Pembuangan Limbah Menjelaskan Sembari Menunjukan tempat Penampungan Limbah ( Bak Kontrol)

“Ini pak Tempat Pembuangan Limbah Sudah Kami Buat Bak Kontrol, kami Buat Ukuran 1 meter kali 1 meter pak.tutup Selamet.

Beberapa aturan, baik undang-undang maupun Perda secara jelas mengatur regulasi tentang pengelolaan air limbah, salah satu poin wajibnya adalah IPAL. Pertanyaanya, jika Hotel Duta tak memiliki IPAL selama beroperasi, dimana limbah B3 itu dibuang ?

Terkait dengan regulasi dan sanksi hukum perusahaan yang tak memiliki IPAL, diatur dalam Undang Undang (UU) nomor 32 Tahun 2009, tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH)

Pada pasal 1 ayat (2) disebutkan, upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.

Selanjutnya, dalam Bab X bagian 3 pasal 69 UU tersebut, tercantum mengenai larangan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang meliputi larangan melakukan pencemaran, memasukkan benda berbahaya dan beracun (B3), memasukkan limbah ke media lingkungan hidup, melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, dan lain sebagainya.

Larangan-larangan tersebut diikuti dengan sanksi yang tegas dan jelas tercantum pada Bab XV, tentang ketentuan pidana pasal 97-123. Salah satunya adalah dalam pasal 103 yang berbunyi: Setiap orang yang menghasilkan limbah B3 dan tidak melakukan pengelolaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 59, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun, dan denda paling sedikit Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah).

Di Beritakan Sebelum nya. Kausyar.Selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dan Limbah,Dinas Lingkungan hidup (DLH) Saat Di Kompirmasi Izin limbah Hotel Duta Kotabumi Menjelaskan, ,” terkait masalah limbah B3 dan Izin Hotel Duta Kotabumi pihaknya Sudah Mendatangi Hotel Tersebut pada hari Rabu tanggal 5/8/2020 lalu .untuk menindak lanjuti adanya Pemberitaan Di Beberapa Media Online, Dan Kami Juga Menanyakan Terkait Izin Pengelolaan Limbah di Hotel Tersebut.

“ Ya Kami Dari Tim Pengawasan DLH sudah datang ke Hotel Duta dalam rangka menindak lanjuti adanya temuan terkait limbah , yang selanjutnya akan kami lakukan penindakan serta memberikan pengarahan bagaimana tata cara tentang pengelolaan dan pembuangan limbah B3.

Kausyar Menambahkan “Kalau Untuk perizinan Limbah Hotel Duta Belum Memiliki Izin Limbah, Tapi Pihak Hotel Duda sudah Memiliki Dokumen UKL Dan UPL tapi Belum di tingkatkan Ke dalam Proses Perizinan Menurut Mereka.

Kalau mau menerbitkan Izin Limbah ada sarat yang Harus Mereka Penuhi dan Ketika Belum Memenuhi Syarat itu Maka belum Pernah Kita Periksa apakah Memenuhi layak atau Tidaknya di Terbitkan Izin Selama ini pihak Hotel Duta juga belum Pernah Berkodinasi dengan Kami untuk mengajukan Permohonan Rekomendasi dari kami,

Harapan Kami kepada Pihak Hotel Duta Kotabumi kemarin Sudah kami Sampaikan Secara Lisan, agar Segera Mengurus Segala Sesuatunya untuk Dalam waktu Satu Minggu Terhitung Dari Kami Turun Ke Hotel tersebut.,Tutupnya. ( yuheri/Hamsah)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: