WAYKANAN-Satu lagi warga Kabupaten Way Kanan dinyatakan sembuh dari infeksi covid-19. Pasien tersebut berinisial Ft (52), seorang asisten rumah tangga pasien positif 03 kabupaten setempat.

Warga Kecamatan Baradatu kabupaten setempat tersebut sempat dinyatakan positif covid-19 oleh tim gugus tugas covid-19 Way Kanan tiga hari lalu. Namun, perkembangan pasien tersebut saat ini sudah dinyatakan sembuh.

Hal itu disampaikan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Way Kanan Raden Adipati Surya melalui Juru Bicara Tim Gugus Tugas Kabupaten, Anang Risgiyanto. Anang menyampaikan hal itu saat dikonfirmasi Sabtu, 23 Mei 2020.

Ia mengatakan Ft merupakan ART dari AS yang merupakan kasus konfirmasi covid-19 (03), Kegiatan sehari-hari Ft hanya berada di rumahnya dan rumah AS selaku majikan tempat ia bekerja.

Pada 4-6 Mei 2020 pasien tersebut berada di RSUD ZAPA menemani istri dari AS saat akan melakukan operasi SC. Pada Kamis, Ft mengikuti rapid test terkait kontak erat dengan kasus konfirmasi positif covid-19 AS.

Kemudian pemeriksaan rapid test tersebut menunjukkan hasil reaktif. Sehingga tatalaksana selanjutnya dikonfirmasi dengan pemeriksaan RT PCR sebanyak dua kali selama dua hari berturut-turut, di laboratorium pemeriksa.

Lalu, pada 7 dan 8 Mei 2020, Ft diambil sampel swab/sputum yang pertama dan kedua, oleh tim pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan. Selanjutnya sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang untuk dilakukan pemeriksaan sampel.

“Sambil menunggu hasil pemeriksaan sampel kembali telah disampaikan kepada Ft untuk isolasi mandiri di rumahnya, dengan menerapkan PHBS dan physical distancing,” jelasnya.

Kemudian, pada 18 dan 19 Mei 2020, kembali dilakukan pengambilan sampel swab/sputum ke III dan IV. Selanjutnya sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke Balai Laboratorium Kesehatan Propinsi Lampung.

“Pada Rabu, 21 Mei 2020, kami mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung pemeriksaan sampel swab/sputum Ft pertama dan kedua yang dikirim ke BBLK Palembang dengan hasil konfirmasi positif covid-19,” ungkapnya

Berdasarkan SOP penanganan konfirmasi covid-19 tanpa gejala diisolasi di rumah namun untuk mengurangi kontak dengan orang/warga dan supaya lebih terpantau kesehatannya, maka Ft diantar ke ruang isolasi RS ZAPA Way Kanan.

Pada Jumat, 22 Mei 2020, gugus tugas covid-19 Way Kanan mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung pemeriksanaan sampel swab/sputum Ft ketiga dan keempat yang dikirim ke BLK Propinsi Lampung dengan hasil negatif covid-19.

“Kemudian hasil ini dilanjutkan dengan rekomendasi dari dokter penanggung jawab pasien dari Rumah Sakit Zainal Abidin Pagar Alam, kondisi Ft terpantau sehat tidak ada keluhan, maka dinyatakan sembuh dan bisa pulang,” pungkas nya.(Deni)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: